Acne Story, Apa yang Terjadi pada Kulitku? #PART1

Sebenarnya rencana untuk berbagi cerita tentang perjalanan jerawat aku udah lama banget, sejak kondisi jerawat yang sudah membaik. Tapi kadang kalau ada waktu luang selalu lupa untuk membuat tulisan ini, jadi yaudah lah yaa.. Berhubung sekarang lagi #dirumahaja dan punya banyak banget waktu luang untuk sharing di blog ini, jadi yuk kita mulai sajaa..

Aku mulai muncul jerawat itu kelas 3 SMP, bener-bener muncul 2-4 jerawat di wajah dan itu normal banget ya menurut aku, tipe-tipe jerawat yang 3-4 hari sudah kempes dan sudah hilang setelah ituu. Lanjut sampai SMA yang bener-bener deh itu mulai sering berjerawat. Tapi alhamdulillah banget sejak pertengahan kelas 3 SMA udah mulai berkurang dan kulit wajah aku bersih sampai kuliahh. Oiya kondisi kulit aku waktu itu berminyak ya, dan sehari hari cuma makai facial wash yang ada di pasaran dan sesekali pakai masker dari bahan apa aja yang ada di rumah (seperti lidah buaya, lemon, bengkoang, tomat pokoknya yang ada). 

Part berjerawat terberat yang aku jalanin ini waktu kuliah. Aku mulai berjewat disemester ke-2 perkuliahan, awalnya ya cuma muncul merah-merah dan muncul 1-2 jerawat. Terus hilang.  Sebenarnya aku juga gtw apa penyebab pasti yang memicu aku berjerawat. Sampai nyoba tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung telor dan susu secara terpisah, selama 2 bulan tapi tetap aja kondisi jerawat tidak berkurang. Soal kebersihan pun aku tipe orang yang bersih, sebelum tidur selalu cuci muka dan memakai toner, tapi kokk tetap aja berjerawat. Justru jerawat dimasa ini cenderung gak wajar. Kenapa?? Karena jerawat yang besar-besar dengan tipe jerawat yang ada isinya dan itu bisa berdempetan 2-3 jerawat di satu tempat dannn gak hilang-hilang!! Misal nih ya sudah kempes, 2 hari kemudian adalagi jerawat baru yang tumbuh dan itu persis disebelah jerawat sebelumnya. Gak wajar banget deh pokoknya.

Dulu sempet mikir kalau salah satu faktornya itu dari kebersihan. KEBERSIHAN LINGKUNGAN lebih tepatnya. Gimana tuh maksudnya kebersihan lingkungan? Tempat tidur, sarung bantal guling, spey, apakah kamar kamu berdebu atau tidak itu penting banget sih buat aku. Karena itu salah satu faktor yang luput dari perhatian aku. Yah gimana yaa kalau kamu udah ngejaga kebersihan badan kamu, udah cuci kaki, cuci tangan, cuci muka, udah pakai skincare, bodycare, baju tidur udah selalu bersih tapi sarung bantal, guling, sprey dan selimut kamu yang gak rutin kamu cuci atau kamu ganti, kan sama aja boong yaah.. Tapi sayangnya aku baru menyadari itu setelah pindah kos. Karena kos sebelumnya kurang kondusif buat aku.

Setelah aku pindah kos udah mulai membaik nih kondisi wajah aku, udah mulai kempes. Satu wajah udah membaik banget deh pokoknya walaupun masih meninggalkan bekas yang merah-merah. Dikondisi tersebut juga bertepatan aku pergi ke Banyuwangi. Oiya ini liburan semester 3 menuju semester 4 yaa.. Dan setelah dari Banyuwangi wajah aku jadi KACAUUU BANGETT!! PARAH BANGET SIHH INI!! Mungkin karena suhu yang berubah juga, dari di Kalimantan panas-di Banyuwangi dingin-panas lagi pas balik Surabaya. Di Banyuwangi aku emang kehujanan seharian, kedinginan karena ngecamp, motoran kemana-mana gak pakai masker, tetap mandi dan cuci muka yaa, dan aku gtw apa ada pengaruh setelah kena asap belerang dari ijen (?) Kacau banget deh kondisi wajah aku saat itu. Seminggu setelah itu muncul jerawat seenaknya dan rombongan -,-"

Bisa dilihat kondisi kulit wajah aku dari tahun ke tahun yaa

Lulus SMA, Juli 2016

Semester 2, April 2017 (mulai berjerawat)

Semester 3, Oktober 2017 (jerawatan mulai besar-besar)

Liburan semester 3, Februari 2018 (jerawat sudah mulai kempes tapi bekasnya belum hilang)

April 2018, ini udah sangat membaik banget ya, karena sebelumnya memang benar-benar radang hampir 1 wajah. Ini sudah banyak yang kempes dan masih meninggalkan bekas merah dan besar-besar seperti di foto. Oiya jerawat ini juga banyak dibagian dagu, cuma tidak terlihat karena memakai jilbab.
Untuk membahas lebih detailnya akan aku bahas di postingan selanjutnya yaa :))








Komentar