PIRNAS XI Kota Bontang

Oke saya mau bercerita flashback tentang PIRNAS tepatnya satu minggu yang lalu. Banyak pelajaran yang bisa saya dapat, bukan hanya tentang ilmu penelitian saja namun cara mengharagai orang, musyawarah, saling mengerti juga bisa didapat, saya lebih mengenal diri sendiri. Banyak deh pokonya susah disebutin satu persatu. Poke miss you deh untuk semua yang telah menjadi teman saya di PIRNAS dan terimakasih juga. Oke, mari kita mulai flashback dan ceritanya.

Hari pertama masuk dicampnya PIRNAS (lebihtepatnyapenginapan) adalah hari minggu sekitar pukul 5.30 WITA. Waktu saya datang di Garden, registrasi dan saya tau jika saya nginap di CB sedangkan yang lainnya di Garden. Langsung serasa jeleb. Rasanya itu pingin pulang aja deh, ga jadi ikut atau di Raodah aja biar sekalian pulang kerumah. Habisnya masa gua dipisah sendiri dari rombongan SMP YPK. Yaudh dengn agak berberat hati minggat ke CB, niatnya cuma chek in. Trus kalau ga ada temannya pulang diantar besok pagi lgi. Ternyata ada, namanya mba Martha local Bontang juga dari SMAN2. Yaudh deh knalan. Trus mlamnya kekoprasi, ke expo berdua dripada ga ada kerjaan. kan.?? Niatnya mau beli buku berhubung uang pas-pasan ga jdi, jadinya beli roti buat ganjel perut. Dan ternyata eh ternyata makannya baru datang jam 11 malam.

Hari kedua, Senin 25 Juni 2012. Bangun jam 5.30 shalat terus mandi. Jam 7.30 keluar kamar ternyata udh rame diluar, sedangkan saya baru mengambil makanan. Buru-buru deh makannya. Setelah itu jam sekitar jam 8 keluar, kita menuju ke GOR PKT dengn jalan kaki, iya sih relatif dekat. Masih berteman dngn mba Martha jga. Sewaktu saya diGOR orang yang pertama saya kenal namnya juga Marta, tpi gtw dri mana lupa. Yang saya ingt rambutnya pendek xxixii.. setekah itu orngnya pindah, Kenalan lagi sama yg namnya Sista dari Yogya seumuran. Terus ngbrol-ngbrol. Setelah pembukaannya selesai buyar deh beramburan nyari teman yg satu sekalh dan foto-foto nih bbrapa fotonya
Areta, Marsa, Tiya
Ilyas, Muzakki, Jati, Neil, Marsa, Areta, Tiya
 Setelah pembukaan ada semacam seminar gitu, Pak Arfi klau ga slah namnya. Asik sih, buat motivasi sblum mulai penelitian dan untuk hilangi pegel-pegel setelah dngeri pmbukaan yg sepatah dua patah itu. xxixii.. Yang asik yg buat glombang manusia. Hhuu, ntar kpan-kpan dipraktekin lgi deh. u_U.. Waktu yg mncari psangan saya kenalan namanya Hidayah #kalau ga salah, local Bontang jga dari Yabis. Setelah seminar itu selesai Marsa, Areta, Tiya sibuk cari kenalan wlaupun bbrapa ada yg udh kenalan trus knlan lagi gara-gara lupa kalau trnyata udh knalan dan ga lupa mengabadikan disebuah jepretan kamera.
Yang Jelas pengalaman yang ga dilupakan. Hari senin itu waktu pulang jam 10 malam ketinggalan bis ber6, yang aku ingat sama Nugra dan Erwanda, yang lain lupa.

Selasa, 26 juni 2012. Pagi-pagi saya sudah kewalahan saya kira saya sudah hampir telat. Dan ternyata tidak sama sekali. hufftt.. Jadwal hari kedua adalah penelitian lapangan, lokasi lapangan kelompok kami adalah Bontang Kuala. Tentunya nama dan tempatnya sudah familiar bagi saya. Sekitar pukul 10.30 kami telah tiba dilokasi, dan kamipun memulai untuk mencari data sekitar pukul 11.30. Dikarenakan waktu didapat siang, alhasil sekitar pukul 2keatas banyak rumah warga yang rumahnya tutup, mungkin istirahat. Jadi kami hanya santai-santai sambil menikmati suasana Bontang Kuala pada siang hari yang ternyata tidak terlalu panas sih.. Oh ya teman saya saat wawancara namanya Ka Echa, peserta dari Belitung, 3 SMA. Kami hanya berdua, karena semua telah dibagi-bagi tugasnya. Kami berdua mewawancarai nelayan asli Bontang Kuala, yang orangnya ramah-ramah (awalnyasayakitasedikitkasar,karenaoranglaut). Saat sore tiba kami bergegas kembali menuju SMAN3 Bontang. Disaat perjalanan pulang dan pergi saya juga sempat memamerkan sekolah saya, xxixii..  
Tiba di SMAN3, beristirahat sejenak jangan lupa menyempatkan waktu shalat ashar. Setelah itu kami membagi tugas saya kedapatan untuk membuat kerangka berfikir dan teori bersama Nugra, karena hanya dia teman satu kelompok yang satu hotel pula. Namanya Nugra, laki-laki, peserta dari Wakatobi, kelas 3SMA . Sebenarnya saya sudah beberapa kali membuat laporan penelitian, hanya saja dalam laporan itu saya belum pernah membuat kerangka teori dan kerangka berfikir dalam bab II. Jadi semalaman itu saya dan Nugra hanya mencari-cari contohnya. Hasilnya saya setengah mengerti dan setengah tidak mengerti kesimpulannya saya tidak mengerti.
Foto-foto saat mencari data di Bontang Kuala:

kelompok 5 (kurang muzakki)
Marsa, Cley, Ka Echa, Muzakki, Faza

nugra, ka Iyan, Faiz, Mifza
eng.ing.engg.. 
salah satu rumah yang ada di Bontang Kuala
Rabu, 27 Juni 2012. Yang saya ingat pada hari itu saya pakai kaos hijau, kaos MOS SMP YPK.  Ini malah jam 7baru bangun terus shalat subuh. Nah loh.. Yang jelas hari Rabu jatahnya untuk mengerjakan laporan, jadi yaa sehari ngerjain laporan. Jujur saya ga ngerti sama kerangka berfikir dan kerangka teori alhasil macet deh, laamaaa deh pokoknya. Sore baru selesai, dan itupun ga jadi dipakai malah disuruh buat baru ‘____’  Tentunya mengerjakan sampai ketawa-ketiwi perut sampai capek, dari awal terbentuk kelompok. Si Faiz sama Ka Iyan sebenarnya sih ga lucu-lucu banget tapi kenapa saya sendiri ketawa ya.? Heran sih sebenarnya, tapi have fun aja deh ikut ketawa ilangi capek, pegel-pegel, ngantuk, lapar, dan sbg. Kita juga cerita-cerita ternyata ada yang nangis juga dimalam pertama alias Senin. Ada yang bilang kangen rumah, kangen mama papa, ga ada sinyal, tempatnya sepi, panas, yang di Garden gimanaa gitu. Tentu semua ada suka dan dukanya.
Sorenya kan si Ka Iyan lagi ultah tu, yang ke 17. Namanya Hadiyan Yusra Sulistyo, tapi dipanggil Iyan, peserta dari Sidoarjo, 3SMA. Kita satu kelompok maksa minta supaya ditraktir habisnya mau di kerjain, dikerjain apa pula. Alhasil ditraktir pop mie, buat ganjal perut (giniginidoyanmakan). Awalnya sih gmw dengan paksaan desakan dan rayuan bersama. Berhasil. Padahal belum saling kenal 1minggu.
nyam.nyam.nyamm 
Kamis, 28 Juni 2012. Ngebut tuh ngerjain laporan. Apalagi pas malamnya udah hampir deadline tapi belum selesai 100%. #koneng.koneng.koneng. Udah panik banget tuh. Cukup, sekian untuk yang hari kamis.
kasih foto aja yaa. nih

ciluk baaa
Jumat, 29 Juli 2012. Hari terakhir dikelas dan hari terakhir ngumpul lengkap. Paginya kita trip ke PT. Badak NGL. Seingat saya sih baru pertama kunjungan kesana. Tapi sebelumnya udah pernah ke Pantai Marina naik Speadboatnya ke beras basah. Tapi sayang waktunya kemarin sempit. Ga boleh bawa kamera dan hp pula jadi ga bisa foto, dari badak kita dapat souvenir gantungan kunci. Bagus loh gantungnnya. Kalau saya dapat batu giok jawa. Tapi ga ada gambarnya. hhe
Selesai trip kita kembali ke SMA3, lannjut presentasi. Saya ga ikut mempresentasikannya, saya serahkan kepada yang lebih ahli saja lah. Sore sekitar jam 6 saya sampai di CB. Malamnya langsung penutupan. Penutupan saya kumpul sama teman-teman yang dari SMP YPK sama kelompok 5. Acara selesai sampai jam 2 malam, udah ngantuk banget itu.
gambar dipinjam dari sini
Yang baju putih dari Makassar
kapan yaa kumpul lgi.??
Sabtu, 30 Juni 2012. Saya kira hari itu sudah free, tidak ada kegiatan. Ternyata masih ada padahal saya sudah kemas-kemas malamnya. Kegiatannya tanam pohon bakau sama ke BK. Pas tanam pohon bakau dan ke BK gimana yaa, ngerasa udah sepi aja. Ditinggali sama teman-teman yang dari SMP YPK, mereka udah pada check out pagi-pagi, areta sama tiya ga ikut. Teman kelompok sudah gabung dengan rombongannya masing-masing. Jadi deh sama teman sekamar ber2.

nih yang namanya mba Martha
Pas udah pulang dari BK, ternyata kembali ke CB. Namun naas saya sudah ckeck out. Jadi nunggu diluar. Setelah semua sudah siap meluncur menuju Garden. Saya juga luntang lantung disana. Mana dijemput jam set5 lgi. aih.. jdi ketempat tiya dan areta. Mereka juga mau check out, ka mila juga udah mau pergi u_u..
gitu deh tidak bisa dicerita terlalu njelimet. Sudah yaa sekian kasih foto aja nihh..
Qamila, Dea, Isna, Marsa
(maap ngebur)
menit terakhir sebelum kembali ke asal masing-masing
Kalau mau lihat-lihat liat aja yaa disini

MARHABAN YARAMADAN. Tiap tahun selalu kutunggu. Selamat puasa bagi yang menjalankan.
-Terimakasih :))












Komentar